Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan

Contoh Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan - Berbicara tentang pendidikan di Indonesia, ada banyak hal yang bisa kita angkat. Pidato Anda harus fokus pada beberapa topik utama, atau poinnya bisa menyebar dan tidak kohesif. Berikut adalah beberapa contoh pidato yang ditulis dengan baik tentang pendidikan yang melekat di benak pendengar.

Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan

Butuh pidato inspiratif tentang pendidikan? Tidak perlu susah mencari lagi. Berikut dibawah ini beberapa contoh teks pidato yang dapat jadi inspirasi Anda.

Contoh Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan
Contoh Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan

Pidato  Tentang Isu Globalisasi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sebelum memulai pidato ini, mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua di pagi hari ini, dan memperkenankan kita untuk berkumpul bersama.

Hari ini, saya ingin kita semua memahami apa arti globalisasi, dan bagaimana kita dapat mengatasi dampak globalisasi dalam kehidupan kita.

Penyebaran unsur-unsur baru sepanjang kehidupan disebut globalisasi. Ini mencakup media, seperti cetak dan elektronik, menyebarkan informasi ke seluruh dunia. Hampir setiap bagian kehidupan terkena dampaknya, termasuk fashion, telekomunikasi, transportasi, dan seni kuliner.

Globalisasi bisa baik untuk kehidupan, tetapi juga memiliki dampak negatif. Kita harus pandai memilih dan memilah aspek globalisasi mana yang kita inginkan, dan mengabaikan aspek yang tidak kita inginkan.

Budaya dari manapun yang masuk ke Indonesia perlu disaring dengan baik, agar kearifan budaya nusantara dapat tetap terjaga bahkan tumbuh di tengah arus globalisasi.

Sekian pidato singkat dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua dalam menghadapi dampak globalisasi. Bangsa dan warganya dapat dirugikan ketika mereka terkena globalisasi, semoga negara kita tidak kehilangan integritas karena ini. Terima kasih.

Pidato  Tentang Membangun Bangsa Berkualitas

Contoh Pidato  Tentang Membangun Bangsa Berkualitas
sumber: manjakan.com

Pidato Tentang Berkarakter 

Selamat pagi hadirin semua,

Pada hari ini, kita diberkati untuk dapat bertemu bersama dalam keadaan sehat dan bahagia, berkat rahmat dan belas kasih Tuhan.

Di kesempatan ini saya akan membahas tentang pendidikan karakter. Semoga apa yang saya sampaikan dapat membantu kita semua.

Hadirin sekalian,

Saat ini generasi muda sedang mengalami masalah besar: jatuhnya nilai-nilai moral dan integritas. Mereka hidup dalam gaya hidup hedonis dan tidak menghargai nilai dan aturan yang ada di masyarakat.

Sekitar 65% remaja pernah terlibat dalam hubungan sesama jenis, seks bebas, dan ciuman sebelumnya. Generasi ini semakin menjauh dari moral dan nilai-nilai, malah memilih menjalani gaya hidup hedonistik.

Sebuah lembaga independen memiliki data yang menunjukkan hal itu. Menurut BNN, 4,3 juta orang dari kelompok pemuda menggunakan narkoba pada tahun 2019. Setiap 7 menit seseorang meninggal akibat penggunaan narkoba.

Melihat fenomena ini, tak banyak orang bertanya-tanya tentang peran sekolah, guru, dan orang tua dalam perkembangan anak ketika remaja mulai berperilaku dengan cara yang bertentangan dengan nilai-nilai sosial dan agama.

Ternyata pembangunan karakter di Indonesia masih lemah. Sistem pendidikan di sini masih berkonsentrasi pada pengajaran nilai-nilai, dan tidak fokus pada pengembangan karakter yang baik pada anak.

Teladan moral yang baik penting untuk dilihat setiap generasi, dan di banyak sekolah jam pelajaran Pancasila dan Pendidikan Moral telah dikurangi. Rumah dan sekolah sama-sama perlu lebih fokus pada pendidikan moral, karena mudah bagi generasi untuk kehilangan moral yang baik.

Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah ataupun tidak enak di hati. Terima kasih dan, sampai berjumpa di kesempatan lainnya.

Pidato Tentang Hari Pendidikan Nasional

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pada tanggal 2 Mei, tepatnya hari ini, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Hari ini memperingati masa hidup penting Bapak Ki Hajar Dewantara, yang pada masa penjajahan berjuang untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Ia terkenal karena kerja kerasnya memperjuangkan sistem pendidikan di negaranya.

Melekat pada semboyam seperti 'Ing Ngarsa Sung Tuladha' (seorang pemimpin harus menjadi panutan), dan 'Ing Madya Mangun Karsa' (sambil membangkitkan semangat) bukanlah hal yang mengejutkan. 

Kita semua harus mempraktikkan ungkapan-ungkapan ini. Seorang guru harus mampu menginspirasi siswanya untuk terus belajar, memunculkan semangat dalam menuntut ilmu.

Ungkapan 'Tut Wuri Handayani' yang berarti bahwa seorang guru harus memberikan dorongan, menunjukkan dukungan saat anak didiknya belajar dan tumbuh.

Slogan-slogan tersebut telah menginspirasi dan mewarnai dunia pendidikan selama berabad-abad, hingga saat ini. 

Para hadirin sekalian,

Bapak Ki Hajar Dewantara telah berjasa besar bagi dunia pendidikan, sehingga ia pantas menyandang gelar Bapak Pendidikan Indonesia.

Pembukaan UUD 1945 diawali dengan cita-cita luhur tersebut, sejalan dengan semangat bangsa. Pada alinea ke-4 disebutkan bahwa konstitusi harus mencerdaskan kehidupan bangsa. Kita yang hidup hari ini seharusnya melanjutkan perjuangan para pejuang yang sudah berjuang sedari awal.

Untuk membantu Indonesia menjadi negara pendidikan yang berkualitas, dan agar pendidikan dapat terus berkembang dan mampu bersaing dengan negara-negara asing lainnya, semua siswa harus tetap berdedikasi dalam menuntut ilmu, untuk masa depan yang gemilang.

Selain itu, semua guru harus selalu melakukan yang terbaik untuk membantu siswa mereka dalam mencapai cita-citanya.

Baik, demikianlah pidato saya pada Hari Pendidikan Nasional ini.

Semoga pidato saya ini dapat memberi manfaat, serta mampu menyalurkan semangat para pejuang yang mungkin kini sudah mulai tergusur oleh jaman.

Saya akhiri, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Penutup

Baiklah teman-teman, itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini dalam judul kita yang membahas Contoh Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan. Jangan lupa share informasi ini ke media sosial kalian yaa.

Jimi
Jimi Hanya seorang yang gemar menulis dan bermain game.

Post a Comment for "Contoh Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan"

close